Facebook Safety Check : Penjelasan Lengkap


Belakangan ini facebook meluncurkan produk baru yang berupa Safety Check. Produk ini berfungsi sebagai penanda dan sekaligus pengecek keselamatan diri anda dan teman anda. Fitur baru ini akan aktif jika memang terjadi sesuatu seperti teror dan bencana alam di dekat lokasi anda berada.

Facebook Safety Check secara resmi diluncurkan sewaktu Bom dan Penembakan di Paris kemarin. Dan fitur ini kembali aktif lagi hari ini setelah ada bom di Nigeria. Banyak orang yang mengatakan bahwa FB menganakemaskan Paris. Padahal banyak peristiwa teror dan bencana sejenis terjadi di lokasi lain.

Perwakilan FB mengonfirmasi kalau memang momennya lebih tepat di paris. Bukan tanpa sebab, aktivitas FB di paris terjadi peningkatan terutama setelah tragedi teror.

Seperti apa fitur ini?


Fitur ini akan secara otomatis aktif jika terjadi peristiwa bencana di sekitar anda. Dan akan kembali non-aktif jika peristiwa ini sudah berlalu.

Cara kerja fitur ini terbagi dalam 3 bagian.

1. Periksa Pemberitahuan

Artinya Facebook akan secara otomatis bertanya kepada Anda apakah anda selamat dari bencana yang ada di lokasi anda.

2. Katakan Anda Selamat

Jika anda dalam kondisi selamat, sampaikan keselamatan anda dengan mengklik tombol "saya selamat". Otomatis setelah anda mengklik tombol ini, FB akan memberitahukan kabar keselamatan Anda kepada teman dan orang terdekat anda.

3. Periksa Yang Lain

Setelah konfirmasi keselamatan diri sendiri, sekarang anda bisa mengecek kondisi keselamatan teman anda lainnya. Kelebihan lanjutnya, anda juga mengecek daftar teman anda yang kemungkinan menjadi korban.

Latest
Previous
Next Post »